>JANGAN LUPAKAN BAPAK

>

Biasanya bagi anak perempuan yg sudah dewasa, yg sedang bekerja diperantauan, yg ikut suaminya merantau di luar kota atau di luar negeri, yg sedang bersekolah atau kuliah jauh dari kedua orangtua,akan sering merasa kangen dengan ibu. lalu bagaimana dengan bapak???
Mungkin karena ibu yg sering menelpon untuk menanyakan keadaanmu setiap hari,,,tapi tahukah kamu jika ternyata bapak-lah yg mengingatkan ibu untuk menelponmu???
Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, ibu-lah yg lebih sering mengajakmu bercerita,,,tapi tahukah kamu, bahwa sepulang bapak bekerja dan dengan wajah lelah bapak selalu menanyakan pada ibu tentang kabarmu dan apa yg kau lakukan seharian???
Pada saat dirimu masih seorang anak perempuan kecil, bapak biasanya mengajari putri kecilnya bermain sepeda. dan setelah bapak menganggapmu bisa, bapak akan melepaskan roda bantu disepedamu. kemudian ibu bilang: “jangan dulu pak,jangan dilepas dulu roda bantunya”, ibu takut putri manisnya terjatuh dan terluka. tapi sadarkah kamu, bahwa bapak dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu putri kecilya PASTI BISA
Pada saat kamu merengek minta boneka atau mainan baru, ibu menatap iba. tetapi bapak akan mengatakan dengan tegas: “boleh, tapi tidak sekarang”. tahukah kamu, bapak melakukan ini karena bapak tidak ingin kamu menjadi anak manja dengan semua tuntutan yg selalu dapat dipenuhi???
Pada saat kamu sakit pilek, Bapak yg terlalu khawatir sampai terkadang sedikit membentak dengan berkata: “sudah dibilang! kamu jangan minum air dingin!!”
Berbeda dengan ibu yg memperhatikan dan menasihatimu dengan lembut. ketahuilah, saat itu bapak benar2 mengkhawatirkan keadaanmu.
Ketika kamu beranjak remaja, kamu mulai menuntut pada bapak untuk dapat ijin keluar malam, dan bapak bersikap tegas dan mengatakan: “tidak boleh!”. tahukah kamu, bahwa bapak melakukan itu untuk menjagamu??? karena bagi bapak, kamu adalah sesuatu yg sangat-sangat luar biasa berharga. meskipun setelah itu kamu marah pada bapak
Ketika saat seorang cowok mulai sering menelponmu, atau bahkan datang kerumah untuk menemuimu, bapak akan memasang wajah cool sedunia. bapak sesekali menguping atau mengintip saat kamu sedang ngobrol berdua di ruang tamu. sadarkah kamu, kalau hati bapak merasa cemburu???
Saat kamu mulai lebih dipercaya, ddan bapak melonggarkan sedilit paraturan untuk keluar rumah untukmu, kamu akan memaksa untuk melanggar jam malamnya. maka yg dilakukan bapak adalah duduk di ruang tamu, dan menunggumu pulang dengan hati yg sangat khawatir. dan setelah perasaan khawatir ini berlarut2, ketika melihat putri kecilnya pilang larut malam hati bapak akan mengeras dan memarahimu. sadarkah kamu, bahwa ini karena hal yg sangat ditakutinya akan segera datang??? Bahwa putri kecilnya akan segera meninggalkannya
Setelah lulus SMA, bapak akan sedikit memaksamu untuk menjadi seorang dokter atau insinyur. katahuilah, bahwa seluruh paksaan yg dilakukannya itu semata2 hanya karena memikirkan masa depanmu nanti. tapi toh bapak tetap tersenyum dan mendukungmu saat pilihanmu tidak sesuai dengan keinginan bapak.
Ketika kamu menjadi gadis dewasa dan harus pergi kuliah di kota lain, bapak akan mengantarmu atau melepasmu sampai terminal. tahukah kamu bahwa badan bapak terasa kaku untuk memelukmu??? bapak hanya tersenyum dan memberi nasihat ini itu, dan menyuruhmu hati2. padahal bapak ingin sekali menangis seperti ibu dan memelukmu. yg bapak lakukan hanya menepuk pundakmu dan berkata: “hati ya sayang”. bapak melakukan itu semua agar kamu KUAT….kuat untuk pergi dan menjadi dewasa
Disaat kamu memerlukan uang untuk membiayai semester dan kehidupanmu, orang pertama yg mengerutkan kening adalah bapak. bapak pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya bisa merasa sama dengan teman2nya yg lain.
Tahukah kamu, Ketika permintaanmu tidak bisa dipenuhinya,,,pada saat itu bapak merasa gagal membuat anaknya tersenyum???
Saatnya kamu diwisuda sebagai seorang sarjana. bapak adalah orang pertama yg berdiri dan memberi tepuktangan untukmu. bapak akan tersenyum bangga dan puas melihat “putri kecilnya yg tidak manja berhasil tumbuh dewasa, dan telah menjadi seseorang”
Sampai nanti saat teman lelakimu datang dan minta ijin pada bapak untuk mengambilmu dariinya. bapak akan sangat hati2 memberikan izin, karena bapak tahu bahwa lelaki itulah yg akan menggantikan posisinya nanti. dan akhirnya sat bapak melihatmu dipelaminan bersama seorang lelaki yg dianggapnya pantas menggantikannya, bapakpun tersenyum bahagia. apakah kamu mengetahui,,,dii hari yg bahagia itu bapak menangis karena bapak sangat bahagia, kemudian bapak berdoa….dalam lirih doanya, bapak berkata” Ya Allah tugasku telah selesai dengan baik, putri kecilku yg lucu dan kucintai telah menjadi wanita cantik. bahagiakanlah ia bersama suaminya…”
Setelah itu bapak hanya bisa menunggu kedatanganmu bersama cucu2nya yg sesekali datang untuk menjenguk
Papa, Ayah, Bapak atau Abah kita, adalah sosok yg harus selalu terlihat kuat. bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis. dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu
Dan ddia adalah orang pertama yg selalu yakin bahwa “KAMU BISA” dalam segala hal.

teruntuk bapak,,,yg selalu dihatiku


oleh Anita E Harsono

About putrawangsacorp

Putra Wang Corp
This entry was posted in CATATAN KECIL. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s